Skip to content
April 29, 2013 / chonkySAR

Tenggelam Di Sungai

Ide membuat tulisan ini keluar setelah saya melihat penampilan JKT48 membawakan lagu River di Budokan kemarin. Saya tidak nonton live streaming-nya, hanya video hasil download dari YouTube.

Hmmm, mulai dari mana?

Sebenarnya setahu saya, lagu River ini bukan pertama kali dibawakan oleh JKT48 (CMIIW), karena sebelumnya mereka pernah bawakan di Heavy Rotation Special Show pada hari Senin, 22 April yang lalu. Mendengar dari cerita teman-teman yang nonton acara tersebut, semua teman saya bilang mereka membawakannya sangat keren. Ya, semua.

Sepertinya sedikit munafik apabila saya langsung percaya, namun setelah saya menonton penampilan mereka, di YouTube tentunya, saya akan coba kemukakan pendapat.

Hal pertama yang saya perhatikan adalah pemilihan waktu untuk mereka menampilkan River di konser Budokan tersebut. Sekitar 1 jam setelah acara mulai, setelah kakak-kakak mereka tampil. Ini menarik, karena menurut saya, mereka tampil pada waktu prime time, dimana ketika konser sudah berjalan selama satu jam, biasanya audiens sudah mulai merasa lelah dan bosan. Dan hal yang saya perhatikan selanjutnya adalah teriakan penonton di sana, sepertinya tidak seheboh teriakan penampilan kakak-kakak mereka sebelumnya. Terasa waktu nama JKT48 dipanggil oleh…..ah saya tidak tahu dipanggil oleh siapa (maklum saja saya hanya mengikuti JKT48 dan pengikut JKT48 kemarin sore) sorakan kepada mereka tidak terlalu ‘segitunya’.

Namun, ketika mereka tampil, saya dibuat menahan nafas. “Adek-adek ini yang kemarinan saya lihat di teater kan?”

JKT48 berhasil mengeluarkan karakter powerful & cool dari lagu River ini. Kinal sungguh bersinar terang, tidak salah dia jadi center, kapten dan mendapatkan julukan jendral. Sungguh, Kinal cocok sekali dengan lagu ini. kalau kata seorang teman saya “Ini lagu, dia banget!”. Saya sepakat.

Member yang menarik perhatian saya lagi adalah Frieska. Tatapan matanya dia itu…..fringe, walaupun terkadang masih terlihat kosong, tapi overall dia juga mengeluarkan aura lagu ini dengan baik.

Nabilah, tak usah diragukan lagi kalau soal semangat. Bahkan mulutnya pun menganga dengan lebar saat menyanyi. Salut sama keenergetikannya.

Namun sayangnya, Dhike, yang mana adalah oshimen saya, tidak terlalu terlihat di sini. Saya hanya bisa memperhatikan dia dhikejauhan-it’s not typo-saja. Namun dia cukup membuat jantung saya berdegup kencang. Gerakan dance-nya pasti, walaupun tidak sehebat 2 dancer jagoan, tapi dia punya karakter sendiri yang tak bisa dibandingkan. Ah, Dhike, kenapa kau selalu saja menggoyahkan orientasi Kak Chonky ini?

Pada akhir lagu, saya merasakan sedikit berbeda untuk tanggapan audiensnya. Mereka menyoraki lebih semangat, lebih berisik dan bisa dipastikan merekapun terpukau. Terbukti dengan adanya tanggapan positif dari fans Jepang mengenai JKT48 menampilkan lagu River di konser ini. (Here’s the link for the Japs comment: Tanggapan Fans Jepang Terhadap River JKT48)

Secara keseluruhan, River dibawakan dengan hampir sempurna. Ya, hampir sempurna, karena saya hanya melihatnya dari video saja. Mungkin akan berbeda kesannya kalau saya lihat langsung. Lirik lagunya penuh motivasi, dibalut dengan musik yang memberi energi, sepertinya ini akan menjadi track favorit saya juga setelah Shonichi dan Nagai Hikari (cool, it rhymes).

Sekiranya begitulah pendapat saya. Kalau menurut Anda saya sok tahu, I’m sorry if you feel that way.

Leave a Reply

